JAMBI PERBANKAN SYARIAH DAN UMKM EXPO 2012


GEBYAR JAMBI SYARIAH EXPO 2012 
Festival Perbankan Syariah dan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) bertajuk Gebyar Jambi Syariah Expo (JSE) 2012 digelar tanggal 7 sampai 9 Desember 2012 bertempat di Jambi Town Square (Jamtos) Jambi. Pembukaan JSE 2012 yang dihelat Bank Indonesia (BI) ini dibuka oleh Gubernur  yang diwakili Staf Ahli Gubernur bidang Kemasyarakatan dan SDM Hamdani didampingi Kepala Perwakilan BI Provinsi Jambi, Marlison Hakim.
Perhelatan Jambi Syariah Expo diikuti oleh 7 Bank Syariah di Jambi diantaranya Bank Syariah Mandiri , BNI Syariah, BRI Syariah, Bank Muamalat, CIMB Niaga Syariah, Bank Mega Syariah dan BPD Syariah. Disamping peserta dari perbankan syariah, peserta lain yakni MES (Masyarakat Ekonomi Syariah), UMKM Mitra Perbankan, UMKM binaan Dinas Perindag Provinsi, UMKM binaan Pemerintah Kota Jambi, UMKM Hijabers, UMKM binaan HIPMI Jambi, Travel Syariah, Produk-Produk Herbal, Perumahan,  Yayasan Madani Lembaga ZIS dan BMT Madani. Jumlah seluruhnya 30 booth peserta pameran.
            Acara JSE 2012 bekerja sama dengan Jain EO (Jambi Independent Event Organiser) berjalan sukses dan spektakuler untuk ukuran wilayah Jambi. Selain menampilkan acara pameran , JSE juga dimeriahkan dengan berbagai acara pendukung yang menarik minat masyarakat untuk hadir di acara JSE 2012 antara lain talkshow perbankan syariah, gerakan budaya menabung, seminar enterpreneurship yang menghadirkan Helmy Yahya  yang digelar di Universitas Jambi dilanjutkan talk show entrepreneurship di Jambi Syariah Expo Jamtos. Acara  menarik lainnya berupa lomba menggambar, lomba busana muslim anak-anak, lomba hijabers, lomba nasyid dan lomba nyanyi antar perbankan dan stan JSE, Demo masak Ikan patin dan makanan khas jambi.
          Rangkaian kegiatan tersebut mampu menyalurkan akad pembiayaan perbankan syariah kepada masyarakat terutama kepada sektor riil dan UMKM, yang pada akhirnya akan mendorong pertumbuhan  ekonomi Jambi yang lebih berkualitas. Dari hasil pameran selama 3 hari berhasil melakukan traksasi (akad) pembiayaan kepada UMKM sebesar Rp 1,2 Milyard.
            Dalam sambutannya pembukaan, Kepala Perwakilan BI Provinsi Jambi Marlison Hakim, perbankan syariah di Jambi menunjukkan perkembangan yang lebih baik dibandingkan rata-rata nasional. Aset bank syariah mencapai Rp 1,75 triliun atau tumbuh sekitar 40,2% dari tahun sebelumnya, lebih tinggi dari peningkatan aset perbankan Jambi secara umum sebesar 16,8%. Dengan demikian pangsa asset syariah terhadap total asset bank umum juga meningkat yaitu dari 5,94% di tahun 2011 menjadi 7,24% di September 2012. Kondisi serupa juga ditunjukkan oleh penghimpunan dana dan penyaluran kredit yang mampu tumbuh lebih tinggi dibanding bank konvensional, masing-masing mencapai 24,75% dan 32,03% dari tahun sebelumnya. Total penghimpunan dana pihak ketiga (DPK) bank syariah mencapai Rp1.575,84% miliar. Secara total, saat ini ada  6 cabang bank syariah, 1 Unit Usaha Syariah  dan terdapat  36 kantor bank syariah.
Jambi Syariah Expo 2012 menyelenggarakan talkshow yang menghadirkan pengurus MES (Masayarakat Ekonomi Syariah) ,  Kepala Perwakilan Bank Indonesia Marlison Hakim dalam acara talkshow menyatakan , bahwa  “Selama ini masyarakat kita masih awam tentang perbankan syariah. Bahkan ada anggapan bahwa perbankan syariah itu hanya untuk kaum muslim saja. Padahal, perbankan syariah itu adalah produk nilai yang berlaku secara universal. Memang, nilai-nilanya berlandaskan nilai-nilai Islam,” jelas Marlison Hakim, lagi. Dengan kata lain, landasan perbankan syariah bukan pada ajarannya, namun pada nilainya yang tentu saja berlaku secara universal.
Indonesia, menurut Marlison Hakim sudah selayaknya menjadi pelopor dan kiblat pengembangan keuangan syariah dunia. Sudah sepantasnya, pertumbuhan perbankan syariah di Indonesia lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan perbankan syariah dunia. Begitu juga dengan Jambi yang dikenal kaya akan SDA dan masyarakatnya yang agamis serta religius. “Karena itu, menjadi PR kita bersama menggalakkan sosialisasi perbankan syariah ke tengah-tengah masyarakat,” imbuhnya.
Dalam sambutan acara penutupan Jambi Syariah Expo 2012 Kepala Perwakilan BI Provinsi Jambi Marlison Hakim, menyatakan bahwa acara yang bertujuan membantu UMKM di Jambi, memberi sosialisasi dan edukasi tentang ekonomi syariah, trading dan financing akan diselenggarakan secara berkesinambungan setiap tahun dengan lebih meriah dan lebih baik lagi, pada akhirnya Bank Indonesia yang megucapkan terimakasih kepada seluruh peserta atas partisipasinya, pemerintah daerah, Jain EO, Jamtos serta seluruh yang terlibat  mensukseskan  acara Jambi Syariah Expo 2012. Sampai jumpa pada acara Jambi Syariah Expo 2013.

Artikel Terkait



13 komentar:

Anonim mengatakan...

di Jogja sdh prnh blm pak UMKM EXPO??
really interested!!

bisa jd salah satu tujuan menarik buat para pebisnis pemula atau para calon pebismis muda lainnya...

Laila Musthofa
(10.22.193)

Yusuf Arif Setiawan mengatakan...

mantaps pak Herry. mau dong belajar cara penyelenggaraannya. soalnya bulan April ini kita juga punya gawe mirip-mirip gitu... salam dari Samarinda

Anonim mengatakan...

waw sgat menarik untuk di coba,,kira" adakah agenda untuk dilaksanakan di jogja pak?????? dan terutama melibatkan juga para mahasiswa stei hamfara,,,

by:yomy
12.22.255

Anonim mengatakan...

Bisa dilihat dan dirasakan betapa animo masyarakat terhadap bank syariah mulai membahana. tapi jika dilihat dari negara tetangga seperti Malaysia dan Pakistan negara tersebut menjadikan Islamic perbankan sebagai lembaga perbankan negara mereka. bandingkan dengan negara Indonesia yang masih berbalut dengan perbankan konvensional yang penuh dengan bunga rasa riba.

Anonim mengatakan...

10.22.176 Muhammad Ridwan

Unknown mengatakan...

"Sering update artikelnya insya allah raitingnya lebih bagus pk" ~@elfadzran~

Fajwa Aulia Shobron
(09.22.121)

Anonim mengatakan...

selain trainig bisnis bisa jalan-jalan juga ya pa . .

Johan Mulyana 09.22.122 (Hamfara)

Anonim mengatakan...

tema perbankan meamng tak ada habisnya untuk selalu dibahas akan segala perkembangannya. pengen ikuutt paak :D

10.22.160

Anonim mengatakan...

Iya yah,,karena (saatini) UMKM dan segala macam jenisnya takkan lepas dari perbankan. So,, pantau teruzz..

(Dyan Ulandari 10.22.177)

Anonim mengatakan...

di MAGELANG kapan diadain pak,pasti banyak pebisnis menanti kedatangan bapak dikota2 lain.
(suryo adhi pangestu 09.22.128)

Unknown mengatakan...

PERBANKAN SYARIAH DAN UMKM EXPO 2012
kapan diadakan didaerah terpencil agar masyarakat juga mengetahui perbankan syariah karena dimata masyarakat masih sangat awam dengan perbankan syariah,karena mereka masih beranggapan bahwa perbankan syariah tu akadnya sama dengan konvensional.padahal pertumbuhan perbankan syariah lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan perbankan syariah dunia.
dan kegiatan tersebut mampu menyalurkan akad pembiayaan perbankan syariah kepada masyarakat terutama kepada sektor riil dan UMKM...

Anonim mengatakan...

Assalamu'alaikum
memang sudah selayaknya bank syariah di publikasikan ke seluruh masyarakat. Namun kita juga harus waspadai terhadap bank syariah skarang ini, karna menurut survei masih ada bank-bank syariah yang menyalahi aqat. Secara teori bank-bank syariah tersebut sudah sesuai dengan syariat, tetapi secara aplikasinya masih banyak yang bertentangan.

Guslan Purnama
09.23.323
Perbankan Syariah

Anonim mengatakan...

waw moga dijogja juga bsa di terapkan pak
yomy: 12.22.255

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | WordPress Themes Review