MENGELOLA BISNIS PERTANIAN

MENGELOLA BISNIS  PERTANIAN

Allah SWT menjelaskan dalam Al-Qur’an proses-proses yang mendasari bidang pertanian dan perkebunan: bagaimana hujan diturunkan dan mengalir di seluruh permukaan bumi, membuatnya subur dan dapat ditanami; bagaimana angin memainkan peranan yang penting dalam menyebarkan benih-benih, dan bagaimana tanaman bertumbuh.

Dan Allah SWT telah meratakan bumi untuk mahluk-nya: di bumi itu ada buah-buahan dan pohon kurma yang mempunyai kelompok mayang: dan biji-bijian yang berkulit dan berbagai bunga-bunga yang harum baunya. Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. QS. Ar-Rahman (55);10-13.

            Ayat-ayat Al Qur’an ini serta berbagai ayat yang lain telah memberikan motivasi untuk mengelola bisnis di bidang pertanian. Al Qardhawi menyebutnya hadis dibawah ini untuk mendukung pentingnya mengelola bisnis  di bidang pertanian:

Rasulullah SAW (semoga rahmat terlimpah kepadanya) berkata, ”tak seorang pun di antara kamu kaum muslim yang menanam sebuah pohon atau menyebabkan benih-benih, dan kemudian seekor burung, atau seorang manusia atau binatang apapun memakannya, kecuali hal itu merupakan hadiah yang murah hati baginya. QS. Nuh (71);19-20, Abasa(80);24-28,al-Hijr(15);19-22.

Artikel Terkait



0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | WordPress Themes Review