BERBAGI ITU INDAH DAN MEMBAHAGIAKAN

BERBAGI  ITU  INDAH DAN MEMBAHAGIAKAN


Dan hendaklah kamu saling  tolong-menolong  dalam kebaikan dan taqwa, dan janganlah tolong  menolong  dalam  perbuatan dosa dan kemungkaran (QS. Almaidah ayat 5)
Dalam sebuah riwayat Nabi pernah bersabda, sebaik-baik manusia adalah orang yang bermanfaat bagi orang lain.  Demikian juga seperti kata pepatah, orang yang berbahagia adalah yang merasa bahagia ketika membahagiakan orang lain. Orang yang sukses adalah orang  yang  mampu mengantarkan kesuksesan orang lain.
Dengan didasari keikhlasan, kita akan merasakan kebahagiaan menyusup relung hati saat kita bisa  menolong  dalam kebaikan, hidup kita bermanfaat  dan membahagiakan orang lain. Membagi  kebahagiaan  sebenarnya bukanlah hal yang sulit. Hal-hal kecil yang kadang  tidak kita sadari,  kadang  bisa mendatangkan kebahagiaan yang  besar bagi orang lain.
            Bahagia tak harus selalu diberikan dalam bentuk materi. Meskipun memang  tak dipungkiri,  banyak orang  yang  merasa bahagia saat diberikan sesuatu  yang bernilai materi,  misalnya  dihadiahi  barang,  diberi  uang, dan sebagainya. Perhatian dan ucapan terimakasih juga memiliki dampak besar dalam memberikan rasa bahagia kepada orang lain. Bukankah  hakikat setiap orang  ingin dihargai?
            Memberikan sesuatu  dengan ikhlas dan  tanpa pamrih,  selain diyakini mendatangkan pahala, juga memberikan kebahagiaan pada orang lain. Untuk membahagiakan orang lain, kita juga bisa melakukan berbagai hal yang  jarang dilakukan, atau melalui kejutan-kejutan manis  karena efek yang  dirasakan  akan lebih berkesan, baik kepada orang lain, juga kepada diri kita sendiri.
            Isteri tak selalu merasa bahagia dengan materi yang diberikan oleh suaminya. Namun perhatian dan kasih, akan jauh lebih membahagiakan. Berilah kejutan manis untuk sang isteri. Kejutan di hari lahir atau ulang tahun perkawinan, mungkin sudah biasa. Namun kejutan di hari biasa menjadi sangat istimewa.
            Di Sabtu pagi, suami bisa menyiapkan  sarapan dengan nampan yang dibawa kekamar tidur saat  istrinya belum bangun. Atau tiba-tiba sang suami belanja ke pasar dan memasak sendiri makan malam untuk mereka berdua.
            Seorang  anak pasti selalu berkeinginan untuk membahagiakan orang tuanya. Melalui jerih payah orang tua, anak bisa mencapai cita-citanya. Membahagiakan orang tua adalah hal yang paling  terpuji dan akan menjadi kebahagiaan yang  tak ternilai bagi sang anak. Namun kadang saat sudah mencapai kesuksesan, apalagi sudah berumah tangga, dengan segala kesibukannya sang anak  tak punya waktu untuk bersilaturahmi  pada orang tua.

            Ingatlah bahwa kasih orang tua sepanjang hayat, surga di bawah telapak kaki ibu. Mereka memang sudah merasa bahagia asal anak mereka bahagia. Mereka memang sudah merasa bahagia asal anak mereka sukses. Mereka sangat berbahagia bila menyaksikan anaknya menjadi sosok soleh dan solehah, yang   mengalir do’anya walau orang tua telah tiada. Tak ada orang tua yang menginginkan timbal balik dari anaknya kecuali  kesalehan, perhatian dan bakti.
            Semoga mengispirasi kita  semua untuk ikhlas berbagi dalam kebaikan taqwa, berbagi pengalaman dalam meraih keberhasilan, kesuksesan hidup  menyelesaikan tugas dan  pekerjaan, serta berbagi rezki dan peduli kepada siapa saja yang membutuhkan pertolongan.

Artikel Terkait



12 komentar:

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

sadam mustopa (09.23.336)

kesadaran diri memang sangat diperlukan, saling berbagi hanyalah hal yang kecil namun sulit untuk dilaksanakan, namun tidak sebanding dengan besarnya pahala yang akan kita dapatkan dari Yang Maha Kuasa jika kita mau untuk selalu berbagi terhadap sesama....
Salam semangat Jiwa Generasi Muda!!!

Anonim mengatakan...

"Sie Harini ()10.23.376"

Like this... Di atas sukses masih ada kesuksesan...ada kepuasan tersendiri ketika berbagi dengan orng lain..

Rahmatika Varid mengatakan...

jadi ingat mario teguh pak..

Yang Intiy:
ketika ditanya "bgmn jika capek2 melakukan kebaikan tapi tidak dibalas oleh tuhan"
jawabannya : "apapun itu, berbuat baik itu indah"

^_^
Arivatu Ni'mati Rahmatika (09.23.342)

Anonim mengatakan...

Yosi Retno Ningsih( 09-22-155).

Memang benar, kita harus saling tolong menolong kepada sesama umat manusia.

Anonim mengatakan...

Dan, Ketika kita telah mampu memaknai indahnya arti berbagi, terutama berbagi dengan orang tua. Maka, apa yang bisa dan sudah kita lakukan saat ini dikala kita jauh dari orang tua, dengan segudang amanah dari mereka, sedangkan mereka pun masih hisup..?? Sudahkah kita melaksanakan amanah orang tua dengan baik..??? Sudahkah kita Belajar, dakwah, Amal shalih dengan sungguh-sungguh,.??
Atau bahkan apakah kita sudah mendoakan orang tua kita dikala usai melaksanakan sholat..???
Maka, Kalau memang semua itu belum, berazamlah, dan laksanakanlah itu semua mulai hari ini juga..!!!!
Yassarallahu umuurnaa..
Amiin...

tam tam's mengatakan...

indahnya bisa bahagia bersama, dengan memberikan apa yang kita punya baik itu materi maupun non materi.

BERBAGI ITU INDAH.

Tri Utami Kurniawati(10.22.187)

ekanurul mengatakan...

memang islam itu indah,bukan hanya indah namun penuh dengan pahala.


10.22.196
Eka NUrul l.
manajemen syariah

Anonim mengatakan...

subhanallah,,,dalam al qur'an allah telah mengatur hubungan manusia dengan manusia n d.perjelas dengan perkataan Nabi SAW. Allahuakbar =>


ismi nurhayati
10.22.178
Ms

Anonim mengatakan...

Kebahagiaan adalah ketika kita bisa membuat orang lain bahagia...
berbagi itu indah

Mega Selvia
(10.22.163)

Anonim mengatakan...

Superr sekali pak hery..

Dengan bertakwa kita mulia, dengan berbagi kita berarti.

Jadi ingat pesan ortu :"Hidup ini bukan hanya tentang kebahagiaan diri sendiri, tapi tentang berbagi kebahagiaan bersama orang lain.
jadilah berkat bagi banyak orang." Berbagi itu indah.

Trimkasih pak telah membagikan ilmunya tuk kita (pembaca)..

Ahmad Muhsinin (09.22.136)

Anonim mengatakan...

Subhanallah..

"No Joy Can Equal The Joy of Serving Others"..

Laila Musthofa
(10.22.193)

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | WordPress Themes Review