PELATIHAN KKMB PROVINSI JAMBI SEKTOR KELAUTAN DAN PERIKANAN


PELATIHAN KKMB PROVINSI JAMBI 
SEKTOR KELAUTAN DAN PERIKANAN

JAMBI, HOTEL CERIA 2-6 OKTOBER 2012



Provinsi Jambi memiliki potensi perikanan yang cukup besar baik dibidang perikanan tangkap maupun dibidang perikanan budidaya, namun tingkat pemanfaatan potensi tersebut belum optimal digarap antara lain disebabkan masih terbatasnya modal yang dimiliki oleh oleh pelaku utama maupun pelaku usaha Sektor Kelautan dan Perikanan untuk mengembangkan usahanya.

Konsultan Keuangan Mitra Bank (KKMB) adalah lembaga atau perseorangan yang memberikan layanan pengembangan usaha dalam rangka meningkatkan kinerja Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dengan fungsi dan tanggung jawab melakukan pembinaan dan pengembangan terhadap UMKM. Pembinaan mencakup 4 unsur yaitu menumbuhkan, memelihara dan megembangkan dan intermediasi permodalan.

          Oleh karena itu tanggal 2-6 Oktober 2012 Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jambi bekerjasama dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi telah menyelenggarakan Pelatihan Rekrutmen KKMB Sektor Perikanan dan Kelautan  diikuti oleh 15 orang  Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) DKP maupun  PPL Swadaya berasal dari 11  Kabupaten dan Kota se Provinsi Jambi. Tujuan diselenggarakan pelatihan tersebut antara lain :
a. Meningkatkan peran pemerintah dalam memfasilitasi tersedianya Tenaga Pendamping bagi UMKM Sektor Kelautan dan Perikanan dalam memperoleh akses pembiayaan dari perbankan dan sumber pendanaan lainnnya.
b.  Meningkatkan jumlah tenaga KKMB Sektor Kelautan dan Perikanan di Provinsi Jambi
c. Membantu tumbuh dan berkembangnya pelaku usaha Sektor Kelautan Dan Perikanan agar menjadi UMKM yang Mandiri melalui peran KKMB yang bukan saja hanya sebagai arranger tetapi juga dapat  sebagai pendamping.

          Nara sumber pelatihan berasal dari Fasilitator KKMB  Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jambi, Bank Indonesia, Bank Mandiri, Bank Jambi serta Fasiltator KKMB Provinsi Jambi.
 

Artikel Terkait



0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | WordPress Themes Review